ALUR KERJA DARI INDUSTRI LAYANAN INTERNET PADA INDUSTRI ISP

1

Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web server tempat file diletakkan.  Gambar cara kerja internet di bawah ini mungkin dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan koneksi internet antara browser, server ISP dan Host server.Cara kerja internet dimulai ketika Anda menghubungkan komputer Anda ke internet, anda tersambung ke jenis khusus server yang disediakan dan dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP). Tugas ISP ini adalah untuk menyediakan link antara browser dan memberikan akses ke server tujuan.

Cara kerja dari industri layanan internet yang Pertama kita harus terhubung atau terkoneksi dengan suatu ISP, entah itu melalui kabel telepon PSTN (Public Switched Telephone Network), ADSL, DSL, wireless, modem, bahkan sateli VSAT. Lalu koneksi dari ISP yang membawa data atau permintaan kita akan diteruskan ke jaringan internet sesuai dengan permintaan data kita yang akan dibaca dan diterjemahkan oleh router (sebuah perangkat yang hanya memeriksa alamat IP Addressing tanpa memperhatikan content data yang lewat). Router inilah yang nantinya akan menentukan arah jalan paket data atau permintaan kita karena Internet diibaratkan jalan yang mempunyai banyak sekali jalan untuk menuju ke suatu tujuan. Karena sifat router yang pintar maka paket data kita akan ditentukan jalan terbaik untuk mencapai tujuan. Router ke Router inilah yang membawa paket data kita dari pc kita ke ISP dari ISP ke NAP (Network Acces Provider) local lalu ke backbone NAP dunia .

 

Cara Kerja ISP
Secara umum teknologi yang digunakan di sebuah Internet Service Provider (ISP) sebetulnya relatif sederhana, terdiri atas,

  1. Sambungan ke Internet yang besar menggunakan kecepatan yang sangat tinggi. Beberapa ISP di Indonesia mempunyai kecepatan sampai beberapa Gbps.
  2. Sambungan Internet tersebut di sambungkan langsung pada router yang besar, biasanya kelas Cisco atau Juniper network. Router ini akan mengatur komunikasi antara Internet dengan pelanggan.
  3. Biasanya di ISP akan di pasang juga beberapa Server, baik untuk Web, mail maupun berbagai keperluan lainnya. Sebagian besar Server ISP biasanya dibangun menggunakan sistem operasi Open Source.’

Pelanggan akan tersambung ke ISP menggunakan berbagai teknologi sambungan yang berkecepatan beberapa ratus Kbps atau Mbps.

Daftar pustaka:

  1. http://slideplayer.info/slide/11117431/
  2. http://tongestong.blogspot.co.id/2015/09/fungsi-dan-cara-kerja-internet-service.html

BY: Zanuba arifarahma(XII-TKJ2)

Tinggalkan komentar